CHEMCRAFT

TUTORIAL MENGGUNAKAN SOFTWARE AAPLIKASI CHEMCRAFT

Kimia merupakan materi yang abstrak karena kebanyakan materi kimia itu membayangkan. Hal ini terkadang menjadi momok bagi pendidik karena terkadang siswa susah untuk memahaminya. Salah satu cara yang dapat dilakukan agar mudah dalam memahami materi kimia yaitu dengan menggambarkan secara langsung. Akan tetapi jika pendidik tidak mahir menggambar maka hasilnya juga tidak akan sesuai. Untuk mengatasi hal tersebut, sekarang sudah ada salah satu software yang dapat digunakan untuk menggambarkan struktur kimia. Software itu adalah ChemCraft. ChemCraft dimaksudkan untuk memudahkan pendidik agar dapat menunjang pembelajaran kimia. dengan menggunakan software ini diharapkan siswa mudah dalam memahami materi kimia.
Disini saya akan memberikan sedikit penjelasan tentang cara menggunakan software ini:
1. Pastikan sobat sudah mempunyai software ini dalam laptop. Jika belum sobat dapat mengunduh disini.
2. Selanjutnya buka software ChemCraft maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini:
cc1
3. Klik Edit kemudian klik “Add fragment”
cc2
4. Setelah itu maka akan muncul tampilan berikut:
cc3
5. Setelah itu sobat dapat memilih sendiri ingin menggambar apa. Nah disini saya akan menggambar struktur alkena. Saya memilih alkena karena berkaitan dengan materi saya yaitu materi hidrokarbon. Sobat langsung double klik -R- maka pilih -CH=CH- maka akan muncul gambar berikut:
cc4
Nah, begitu sobat cara memakai software ChemCraft. Selebihnya sobat bisa berkreasi sendiri. Semoga tutorial ini bermanfaat bagi sobat dan pembaca lainnya. Jangan lupa untuk mencoba dan see you next time genggssss…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *